Pendaftaran Peserta Pemilu 2024: KPU Nyatakan Dokumen Partai Demokrat Lengkap 100 Persen!

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan dokumen Partai Demokrat yang mendaftar pada hari kelima dinyatakan lengkap 100 persen.

Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (foto: istimewa)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan dokumen Partai Demokrat yang mendaftar pada hari kelima dinyatakan lengkap 100 persen.

"Partai Demokrat telah mendaftar ke KPU RI. Kemudian 58 menit kemudian kami telah menyelesaikan berkas persyaratan Parpol Demokrat," kata Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik dalam konferensi pers, Jumat (05/08

"Jadi proses pengecekan lebih cepat lagi. Dan tepat pada 14.58 WIB KPU menyatakan bahwa dokumen pendaftaran partai Demokrat dinyatakan lengkap," tambah Idham.

Adapun Partai Demokrat merupakan partai kedua belas yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024. Partai berlambang Bintang Mercy itu mendaftar pada Jumat (05/08).

Partai Demokrat  merupakan partai kesembilan yang berkasnya dinyatakan lengkap oleh KPU RI. "Dengan tambahan ini ada 9 parpol yang dinyatakan berkasnya lengkap oleh KPU," kata Idham.

Sebelumnya, sejumlah partai telah melakukan pendaftaran. KPU menyatakan delapan dari sebelas partai politik (parpol) yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 sudah lolos berkas.

Idham Holik mengatakan sebanyak tujuh parpol telah mulai diverifikasi administrasi, sedangkan sisanya akan diverifikasi besok.

Ketujuh parpol tersebut, yaitu PDI Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai NasDem, Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Mereka sedang memasuki tahap selanjutnya yaitu verifikasi administrasi yang dilakukan secara simultan.

Sementara ada tiga parpol yang berkasnya dinyatakan belum lengkap dan diberi tenggat melengkapi dokumennya hingga periode pendaftaran ditutup pada 14 Agustus 2022.

Ketiga partai tersebut adalah Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Reformasi, dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai).

Idham menegaskan parpol pendaftar harus melengkapi berkas sesuai tahapan pemilu yang diatur di Peraturan KPU (PKPU).