Zaskia dan Shireen Sungkar Dijadikan Penjamin, Mark Sungkar Tak Jadi Masuk Dipenjara

Terkait status baru Mark sebagai tahanan kota, ternyata hal itu merupakan andil dari dua putrinya, Zaskia dan Shireen Sungkar.  Zaskia dan Shireen bersedia menjadi penjamin.

Foto : @zaskiasungkar15/instagram

Sempat merasakan pengap penjara, Mark Sungkar kini lumayan bisa bernafas lega. Pasalnya, Mark kini berstatus sebagai tahanan kota. Mertua Irwansyah dan Teuku Wisnu ini diizinkan keluar dari penjara dan pulang ke rumah sejak Kamis (5/5/21) sekitar pukul 17.00 WIB. 

Terkait status baru Mark tersebut, ternyata hal itu merupakan upaya dan andil dari dua putrinya, Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar.  

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak menjelaskan, salah satu sebab pihaknya mengabulkan permohonan Mark menjadi tahanan kota adalah lantaran dua putrinya, Zaskia dan Shireen bersedia menjadi penjamin.

"Pertimbangan dari Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, adalah berdasarkan adanya permohonan dari tim penasihat hukum terdakwa Mark Sungkar," ujar Leonard, saat ditemui di gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (5/5/21).

"Kemudian adanya jaminan dari kedua anak terdakwa," sambungnya.

Leonard meyakini, Mark Sungkar tidak akan melarikan diri, merusak barang bukti atau pun mengulangi perbuatannya. Mark Sungkar juga berjanji akan bersikap kooperatif dan akan selalu hadir dalam sidang.

"Terdakwa tidak akan melarikan diri, tidak merusak barang bukti, dan tidak akan mengulangi perbuatan. Serta akan selalu kooperatif, dan bersedia hadir dalam setiap persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dan akan hadir dalam instansi terkait apabila diperlukan," tutur Leonard. 

"Itu permohonan dan jaminan dari penasihat hukum maupun kedua anak terdakwa," sambung Leonard. 

Sekadar informasi, Mark Sungkar mengajukan penangguhan penahanan dengan alasan usia yang sudah uzur. Selain itu, bintang film Si Pitung ini juga sempat terpapar Covid-19 selama menjadi tahanan.

Mark Sungkar yang merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PPFTI) ditahan karena dituduh melakukan tindak korupsi.

Aktor senior ini didakwa melakukan korupsi terkait dana olahraga triathlon sehingga merugikan negara senilai Rp 649,9 juta.

Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyebut aktor 72 tahun ini diduga membuat laporan fiktif terkait belanja kegiatan dana platnas Asian Games 2018.

Namun, baik Zaskia maupun Shireen pernah menyatakan, bahwa dana tersebut sebetulnya telah dikembalikan jauh hari sebelum kasus ini mencuat.