Mantan Pengacaranya Tuntut 20 Miliar, Dokter Richard Lee Heran: Saya Bayar Kewajiban Saya, Kok

Dalam gugatannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Razman Arif Nasution menuntut ganti rugi sebesar Rp 20,7 miliar kepada Dokter Richard atas dugaan pemutusan kuasa sepihak.

Foto : @dr.richard_lee/instagram

Mengejutkan. Razman Arif Nasution menggugat Dokter Richard Lee. Tak tanggung-tanggung, mantan kuasa hukum Richard Lee tersebut meminta ganti rugi Rp 20,7 miliar kepada Richard Lee.

Menanggapi hal itu, Dokter Richard Lee mengaku bingung terkait jumlah nominal yang diminta Razman. Razman meminta pembayaran untuk jumlah bulan kontrak kerjanya. Richard menampik.

"Ada yang mau saya komentari. Di bulan Januari ada tulisan seperti ini. Lagi-lagi beliau konferensi pers. Tapi saya tidak komentar apa-apa. Pengacara diputus sepihak. Menuntut kuasa," beber Dokter Richard di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (12/5/22).

"Di sini dia menuntutnya setiap kuasa itu Rp 1 miliar, ada delapan kuasa. Jadi ada Rp 8 miliar, ditambah dengan fee dia, dikalikan jumlah bulan berjalan sampai selesai," ungkapnya.

Soal tambahan denda kerugian immaterial di luar gaji pengacara yang dimaksud Razman, hal itu tidak tercantum dalam kontrak kerja.

"Kerja saja belum. Misal, kalian wartawan ke bos kalian, bayar dong gaji saya lima tahun ke depan. Nggak mungkin, dong, kerjanya belum. Terus omong, setiap pemutusan kuasa itu ada dendanya. Ini kontraknya. Dan saya bingung dari kontrak ini dimana ada tulisan itu," tutur Richard Lee sambil menunjukkan dokumen kontrak kerja.

Richard mengungkap, awalnya dia memutuskan hubungan kerja sama dengan Razman hanya pada kasus melawan Kartika Putri. Namun, Razman masih dipekerjakan sebagai pengacara perusahaannya dan terus membayar honor pengacara tersebut.

"Saya membayar kewajiban saya, kok. Khan, dikatakan saya tidak membayar kewajiban saya. Kewajiban yang mana? Kewajiban bulanan saya terus bayar, kok. Namun kewajiban beliau sudah dikerjakan atau tidak? Kita tidak ada yang semena-mena, kita bersurat semuanya," ujar Richard.

"Karena saya tidak lihat kontraknya. Kita, khan, di perusahaan bacanya ada kontrak. Kalau nggak ada dikontrak gimana mau bayar. Tapi kalau ada di kontraknya, pasti kewajiban tersebut akan saya penuhi," imbuh Dokter Richard.

Dalam gugatannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Razman Arif Nasution menuntut ganti rugi sebesar Rp 20,7 miliar kepada Dokter Richard atas dugaan pemutusan kuasa sepihak. Jumlah itu disebut merupakan total dari kerugian materiil dan immateriil. 

Sikap Richard membuat Razman Arif berang. Menurut Razman, dr Richard belum menuntaskan kewajiban membayar biaya jasa pengacara.

Sebelumnya, Razman Arif pernah ditunjuk Dokter Richard sebagai kuasa hukum saat berseteru dengan Kartika Putri pada 2020. Namun setelah dr Richard ditahan pada 27 Desember 2021 atas dugaan melakukan akses ilegal, dr Richard tiba-tiba memutus kuasa Razman.