Cari Keberadaan Bjorka, Polri Gandeng Pihak Luar Negeri!

Akan tetapi, kata Dedi, dalam negeri sendiri tim khusus yang dibentuk Presiden Jokowi telah bergerak. Melakukan pendalaman dengan ilmu pengetahuan atau scientific untuk betul-betul membuktikan siapa di balik Bjorka

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo - Foto: JPNN

Untuk bisa menemukan sosok di balik hacker Bjorka yang membocorkan dokumen pribadi sejumlah pejabat negara hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi), Polri bakal mengandeng pihak eksternal di luar negeri.

“Kemungkinan juga akan bekerjasama dengan pihak-pihak dari luar negeri,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (21/09/2022).

Akan tetapi, kata Dedi, dalam negeri sendiri tim khusus yang dibentuk Presiden Jokowi telah bergerak. Melakukan pendalaman dengan ilmu pengetahuan atau scientific untuk betul-betul membuktikan siapa di balik Bjorka.

“Proses pembuktiannya ini juga perlu pendalaman dari sisi scientific oleh karenanya tidak terburu-buru dan tim masih bekerja terus,” imbuh Dedi.

Sebelumnya, tim cyber Mabes Polri menangkap pemuda di Madiun, Jawa Timur berinsial MAH lantaran terkait dengan Bjorka. Meskipun bukan Bjorka, MAH terbukti menjual channel telegram kepada Bjorka.

Dedi menyebut, pendalaman terhadap MAH dan kasus terkait Bjorka ini masih terus digencarkan, seperti latar belakang maupun status dari sosok Bjorka tersebut.